Home » , , » GUDEG BASAH

GUDEG BASAH

Written By Unknown on Senin, 13 Mei 2013 | 02.26



Kali ini saya ingin membagi resep gudeg basah yang sempat saya masak. Kenapa disebut gudeg basah? Karena kuahnya banyak, beda dengan gudeg Yu Jum yang kering kecoklatan. Gampang kok bikinnya..eh iya sebelum saya lanjutkan, teman-teman kalo mau masak gudeg, nangkanya begitu beli di pasar atau tukang sayur langsung dimasak ya, jangan beli trus disimpen di kulkas, karena ternyata saya kemaren melakukan itu dan hasilnya nangka saya jadi pahit. Menurut ibu saya sih karena gak langsung dimasak. Jadi kalo masaknya gak langsung, nyimpan nangkanya dalam keadaan mateng alias direbus dulu, gak perlu sampai empuk, yang penting mateng, kuah rebusan pertama jangan lupa dibuang.

BAHAN :
  • Nangka muda, potong-potong, cusi bersih
  • Daging 100 gr aja, buat kaldu
  • Telur rebus
  • Santan 1 liter (encer aja)
BUMBU :
  • Bawang putih 4 butir
  • Bawang merah 4 butir
  • Kemiri 5 butir
  • Daun salam 4 lembar
  • Lengkuas
  • Garam
  • Gula merah
Cara membuat :
  • Rebus nangka, buang airnya
  • Direbus lagi bersama kaldu dan daging
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri
  • Masukkan ke dalam rebusan nangka
  • Setelah empuk semua, tambahkan santan encer
  • Terakhir masukkan gula merah dan garam
  • Tunggu sebentar sampai santan matang
  • Udah jadi deh dan siap dihidangkan
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Link Informasi | Link Herbal | Your Link
Copyright © 2013. Catatan Harian Ibu Rumah Tangga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger